Wawancara Dengan Ran Cory - Direktur Kreatif Crowdfunding

Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun sebagai Art and Creative Director, Ran Cory kini telah melangkah ke crowdfunding dan pemasaran untuk startup selama tiga tahun terakhir. Tidak mengherankan mengetahui bahwa dia telah menggunakan keahliannya untuk mengumpulkan jutaan dolar untuk kliennya. Dia menganggap rahasianya sebagai pemikiran kreatif!

Kami memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengannya beberapa hari yang lalu dan mendapat masukan yang sangat bagus tentang industri crowdfunding dan bagaimana membuat tanda Anda di sini. Berikut ini sekilas tentang semua yang kami diskusikan.

Saya: Apa yang membuat Anda berpikir untuk terjun ke dunia pemasaran crowdfunding?

Ran: Saya telah bekerja selama 12 tahun di biro iklan besar sebagai direktur kreatif dan direktur seni. Setelah melakukan banyak kampanye kreatif yang sukses untuk banyak merek besar, dan setelah memenangkan banyak penghargaan periklanan internasional, saya merasa siap untuk tantangan baru.

Seorang teman saya berinvestasi dalam startup bernama ANGEL. Dia memutuskan untuk menjalankan kampanye crowdfunding dan meminta bantuan saya. Saya bekerja dengan timnya siang dan malam. Saya mengubah strategi mereka, membuat video baru dan bekerja dengan tim dalam konten kampanye. ANGEL mengumpulkan $ 334,000 hanya dalam satu bulan. Itu adalah sensasi yang luar biasa. Saya sangat puas bisa membantu para pengusaha ini dalam mewujudkan impian mereka. Hari ini mereka telah menjadi perusahaan yang mapan. Saya merasa bangga telah membantu mewujudkannya.

Saya: Menurut Anda, di mana letak kesalahan pembuat kampanye crowdfunding dengan pemasaran hari ini?

Ran: Juru kampanye baru percaya bahwa jika satu strategi atau video berhasil dengan baik untuk kampanye lain, mereka harus menyalinnya, dan mereka akan memperoleh kesuksesan yang sama. Dalam kebanyakan kasus, mereka gagal.

Saat ini ada ribuan kampanye langsung (8.000 di Kickstarter, 6.000 di Indiegogo). Persaingannya sangat besar. Anda harus berbeda, untuk menarik perhatian dan menjadi lebih kreatif. Jika Anda melakukan hal yang sama seperti orang lain, Anda tidak akan bisa menonjol di antara orang banyak dan diperhatikan.

Wawancara Ran Cory

Saya: Menurut Anda, apa bahan utama untuk membuat kampanye crowdfunding yang sempurna?

Ran: Produk luar biasa, kampanye kreatif, PR dan penjangkauan sosial yang disiapkan dan dijalankan dengan baik. Banyak juru kampanye berpikir bahwa mereka memiliki produk yang luar biasa, dan yang perlu mereka lakukan hanyalah mengunggah video, dan pendukung akan datang… dan ternyata tidak.

Jika ketiga komponen tersebut tidak dilakukan secara profesional, peluang keberhasilan kampanye menjadi tipis.

Saya: Seberapa penting berpikir kreatif dalam dunia crowdfunding?

Ran: Saya percaya bahwa kampanye kreatif adalah faktor kunci dalam kampanye yang sukses. Misalnya, Anda dapat merujuk ke kampanye Mitra Senyap saya. Orang-orang menyukai video tersebut dan membagikannya dengan teman dan keluarga mereka. Kampanye ini menjadi sangat viral, dan kami berhasil mengumpulkan lebih dari $700.000!

Saya: Apakah Anda setuju dengan strategi kampanye media sosial yang telah direncanakan sebelumnya untuk kampanye crowdfunding? Seberapa penting menurut Anda?

Ran: Kampanye media sosial penting sebelum dan selama kampanye crowdfunding. Anda perlu mengetahui audiens Anda, kebutuhan mereka dan mengapa mereka harus menyukai produk Anda.

Sebelum kampanye ditayangkan, Anda perlu membangun banyak pengikut sosial, jadi begitu Anda meluncurkan kampanye, mereka akan membantu Anda menyebarkan berita ke jejaring sosial mereka. Anda juga dapat mengundang mereka untuk menjadi duta merek Anda. Terkadang, mereka adalah cara terbaik untuk mempromosikan kampanye Anda.

Saya: Anda sudah lama berkecimpung di dunia periklanan. Pergeseran seperti apa yang Anda perhatikan dalam strategi pemasaran dengan evolusi world wide web?

Ran: Ketika saya bekerja di dunia periklanan tradisional (TV, radio, surat kabar, dan papan iklan), saya membuat kampanye terutama berdasarkan firasat dan pengalaman. Saya tidak bisa memastikan keberhasilan kampanye. Selain itu, saya harus beriklan ke komunitas yang sangat besar meskipun saya hanya menargetkan audiens tertentu.

Di dunia pemasaran saat ini, semuanya dapat diuji. Saya suka menguji berbagai strategi sebelum kampanye ditayangkan. Saya dapat menguji berbagai video atau tajuk utama kampanye. Saya berbicara dengan audiens inti merek dan mendapatkan banyak wawasan dan umpan balik penting. Di era Internet, saya tahu cara menjangkau orang-orang yang tertarik dengan produk Anda, mereka yang lebih cenderung membeli produk Anda.

Saya: Seberapa mirip dan berbeda pemasaran merek mainstream dengan pemasaran crowdfunding?

Ran: Kesamaannya adalah bahwa dalam kedua kasus kami menangani orang. Semua orang berbagi emosi yang sama seperti cinta, benci, khawatir, tersenyum, dan banyak lagi. Anda perlu menyentuh orang untuk membuat mereka menginginkan produk Anda.

Perbedaan utama adalah bahwa dalam kampanye crowdfunding, orang menyukai sisi pribadi. Mereka suka melihat siapa pendirinya, orang seperti apa mereka. Orang-orang dalam kampanye crowdfunding suka membeli dari orang sungguhan, orang yang akan mereka percayai, orang yang akan membuat mereka percaya bahwa dia bisa membuat perubahan di dunia.

Ini juga memiliki beberapa aspek reality TV. Orang-orang suka melihat orang di balik kampanye yang sukses, bermimpi bahwa suatu hari mereka akan memiliki ide yang luar biasa, bahwa mereka akan menggalang dana dan bahwa mereka akan berada di posisi orang itu.

Wawancara Ran Cory

Saya: Apakah menurut Anda kampanye pemasaran pra-peluncuran berfungsi untuk proyek crowdfunding? Mengapa?

Ran: Kampanye pra-peluncuran sangat penting. Anda harus membangun milis pendukung potensial yang besar, jadi begitu Anda meluncurkan kampanye, itu akan memiliki momentum pertamanya. Orang akan menginginkan produk Anda jika mereka melihat bahwa orang lain membelinya. Ini adalah kebijaksanaan orang banyak.

Saya selalu membandingkannya dengan sindrom restoran penuh dan kosong. Ketika Anda pergi keluar untuk makan, dan Anda melihat dua restoran yang identik, salah satunya kosong dan yang lainnya penuh dengan orang, ke mana Anda akan pergi makan? Hal yang sama berlaku untuk kampanye crowdfunding.

Saya: Mana platform crowdfunding yang lebih baik menurut Anda – Kickstarter atau Indiegogo?

Ran: Kickstarter dan Indiegogo adalah platform terbaik untuk crowdfunding. Masing-masing memiliki pro dan kontra. Itu tergantung pada produk Anda, audiens Anda, dan lokasi Anda. Anda dapat menemukan kampanye hebat yang mengumpulkan jutaan di kedua platform. Saran saya adalah mempelajari keduanya dan melihat mana yang akan membantu Anda mempromosikan produk Anda dengan baik.

Saya: Adakah tips untuk proyek crowdfunding mendatang? Manfaat apa yang dapat mereka harapkan dari platform periklanan Anda?

Ran: Tip saya adalah – Jangan melakukan kampanye crowdfunding jika Anda tidak tahu caranya. Anda tidak dapat menghapus kampanye buruk dari internet.

Saya percaya pada KREATIVITAS. Itu sebabnya saya selalu berusaha membuat kampanye saya kreatif dan istimewa. Saya selalu mencari cara baru untuk bercerita. Melakukan hal yang sama seperti orang lain itu membosankan. Jadi jangan membosankan! Jadilah kreatif!

Mereka adalah pusat terpadu untuk kampanye crowdfunding yang sukses. Untuk mendapatkan detail lebih lanjut, silakan kunjungi www.rancory.com hari ini!

Evan Varsamis adalah Pengusaha, Pendiri / CEO di Gadget Flow Inc, Penasihat Investor dan Pemasaran di Qrator Ltd dan Kontributor di Forbes, Inc, Huffington Post, dan American Express Essentials.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel